3 Tahapan Membuat Film Pendek

3 tahapan membuat film pendek - sejativi
3 tahapan membuat film pendek - sejativi.com

Film merupakan salah satu hiburan yang banyak digemari oleh masyarakat. Mulai dari anak-anak- remaja hingga dewasa gemar menonton film. 

Saat ini banyak platform yang menyediakan berbagai jenis film mulai dari film pendek hingga film panjang. Berbicara soal film pendek, saat ini pertumbuhan produksi film-film pendek mulai berkembang pesat. Hal tersebut bisa kita lihat di berbagai platform seperti youtube yang mewadahi konten-konten audio visual.

Untuk membuat film pendek memang tidak mudah. Bagi Anda yang berniat untuk membuat film pendek berkualitas, kita harus memahami tahapan-tahapan dalam membuat film pendek. Nah, ini dia 3 tahapan dalam membuat film pendek:

1. Pra Produksi

Pra Produksi merupakan tahapan yang pertama kali dimulai saat ingin membuat film pendek. Pada tahap ini, kru film akan melakukan berbagai kesiapan dari berbagai hal-hal dasar sampai hal yang kompleks. Hal tersebut mulai dari penulisan naskah, breakdown skenario, casting talent, hunting lokasi, reading talent dan lain sebagainya. 

Karena pra produksi merupakan hal yang paling dasar dan penting, maka dari itu kru film biasanya sangat memperhatikan proses pra produksi ini dan menyiapkan semuanya dengan matang. Karena, apabila proses pra produksi tidak matang, maka akan menghancurkan proses lainnya.

2. Produksi

Ketika proses pra produksi sudah selesai dilaksanakan, proses selanjutnya adalah proses produksi. Istilah lain dari proses produksi adalah "syuting". Dalam proses ini, kru film dan pemain akan mengambil gambar dan suara berdasarkan kesepakatan dari hasil pra produksi sebelumnya. Di sinilah proses syuting dimulai.

3. Pasca Produksi

Setelah syuting selesai dilaksanakan, proses selanjutnya adalah pasca produksi. Proses-proses yang dilaksanakan para pasca produksi antara lain editing audio video, color grading, scoring music, titling dan lain sebagainya. Di sinilah proses penyatuan semua materi film menjadi satu dan hasilnya bisa kita nikmati.


Nah, itu dia 3 tahapan dalam membuat film pendek. Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

Posting Komentar

0 Komentar