Kenal Lebih Dekat Dengan Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) | PPDB 2023-2024

jurusan-broadcasting-smkn-3-kota-bengkulu-sejativi

Sejativi.com - Saat ini perkembangan informasi dan entertainment berkembang begitu pesat. Perkembangan informasi di sekitar kita terdengar begitu up to date. perkembangan informasi dan entertainment yang berkembang pesat dan up to date tersebut dikarenakan pertumbuhan media informasi yang juga berkembang pesat saat ini.

Media-media informasi tersebut antara lain televisi, radio, website, OOT (Over The Top) layanan streaming video dan audio (seperti netflix, youtube, spotify) hingga media sosial.

Bukan hanya itu! Transformasi televisi analog menjadi televisi digital diprediksi akan melahirkan stasiun-stasiun televisi baru di Indonesia.

Perkembangan media informasi yang begitu pesat tersebut tentu saja akan membuka peluang-peluang kerja yang begitu banyak di bidang produksi dan siaran audio visual. 

Hal tersebutlah yang mendasari lahirnya Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) SMKN 3 Kota Bengkulu.

PROSES PEMBELAJARAN

Di Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) (atau lebih dikenal dengan broadcasting), para siswa akan mempelajari ilmu-ilmu berbasis memproduksi informasi dan konten hiburan untuk televisi, radio, OOT (Over The Top) layanan streaming video dan audio (seperti netflix, youtube, spotify) hingga media sosial. 

Di Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT), siswa diajarkan kemampuan non teknis seperti manajemen produksi, penyutradaraan, penulisan naskah baik untuk drama, non drama maupun berita, hingga pemasaran.

Selain itu, siswa juga diajarkan kemampuan-kemampuan teknis seperti mengoperasikan kamera, menata pencahayaan, editing audio visual hingga animasi dan visual effect.

Kemampuan-kemampuan teknis maupun non teknis tersebut tentu saja untuk menunjang produksi-produksi konten audio visual seperti: 

  1. Feature
  2. Dokumenter
  3. Drama / Sinetron
  4. Berita
  5. Podcast
  6. Talkshow
  7. Variety show
  8. game show
  9. dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu, Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) memiliki website, stasiun televisi SEJATIVI dan stasiun RADIO sejativi secara streaming. Website, Radio dan Televisi streaming yang diberinama SEJATIVI tersebut lahir untuk menunjang proses pembelajaran dengan pelakukan pendekatan praktik industri.

Website sejativi.com lahir untuk menunjang siswa yang hobi dan ingin melatih diri dalam penulisan-penulisan artikel, baik artikel ringan hingga berita.

Radio sejativi lahir untuk menunjang siswa yang hobi dan ingin melatih diri dalam mengolah vokal suara sebagai news anchor, presenter dan teknis pengelolaan stasiun radio.

Sementara televisi sejativi lahir untuk menunjang siswa yang hobi dan ingin melatih diri dalam membuat konten audio visual mulai dari drama, non drama, berita dan teknis pengelolaan stasiun televisi.

Menariknya, Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) sudah menggunakan kurikulum merdeka: Kurikulum yang sudah disinkronkan secara link and match dengan dunia usaha dan dunia industri. 

Selain itu, proses pembelajaran softskill dan hardskill menjadi prioritas sehingga lulusan Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) SMKN 3 Kota Bengkulu diterima dengan baik pada dunia industri Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT)baik industri lokal maupun nasional.

PENUTUP

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu sekarang juga. PPDB SMKN 3 Kota Bengkulu sudah dibuka sejak tanggal 22 Juni 2023 hingga 3 Juli 2023. Buruan! Kuota terbatas!

Posting Komentar

0 Komentar