jurusan-produksi-film-smkn-3-kota-bengkulu-sejativi



Sejativi.com - Saat ini perkembangan perfilman  di Indonesia tumbuh begitu pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan tumbuh dan berkembangnya film-film Indonesia yang ditayangkan di bioskop.

Selain itu, tak jarang juga kita mendengar film-film Indonesia yang memenangkan penghargaan baik di dalam negeri maupun di kancah internasional. 

Sebut saja film Autobiography (2022), yang disutradarai oleh Makbul Mubarak yang memenangkan penghargaan Silver Screen Award Best Film 2022, Feature Fiction Award Winner Adelaide Film Festival Winner 2022, Grand Prize Winner-TOKYO FILMeX International Film Festival 2022, dan Best Screenplay-Asia Pacific Screen Awards 2022.

Atau film Before, Now and Then (Nana) (2022) yang disutradarai oleh Kamila Andini memenangkan Festival Film Internasional Brussels dan Asia Pacific Screen Awards sebagai Film Terbaik.

Dua judul film yang disebutkan di atas tentu saja hanya beberapa yang disebutkan dari sekian banyak film di Indonesia yang memenangkan penghargaan sebagai film terbaik di kancah internasional. 

Selain itu, media-media hiburan saat ini juga berkembang pesatnya,sejalan dengan perkembangan industri perfilman. Media-media informasi tersebut antara lain bioskop, televisi OOT (Over The Top) layanan streaming video dan audio (seperti netflix, primevideo, viu) hingga media sosial.

Bukan hanya itu, lokalitas budaya di Provinsi Bengkulu yang belum banyak terjamah oleh media audio visual menjadi potensi tersendiri untuk menjadi mahakarya perfilman di Bengkulu, Indonesia bahkan di kancah internasional.

Perkembangan industri film, media hiburan yang begitu pesat dan potensi lokalitas budaya Provinsi Bengkulu tersebut tentu saja akan membuka peluang-peluang kerja yang begitu banyak di bidang produksi film.

Hal tersebutlah yang mendasari lahirnya Kompetensi Keahlian Produksi Film SMKN 3 Kota Bengkulu.

Kompetensi Keahlian Produksi Film merupakan bagian dari program keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Kompetensi keahlian produksi film adalah Kompetensi keahlian pertama, dan saat ini satu-satunya di Provinsi Bengkulu. 

Mengingat potensi budaya dan lokalitas yang menarik untuk dibicarakan dalam konten audio visual dan film, tentu saja produksi film adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mendalami di bidang tersebut.

PROSES PEMBELAJARAN

Kompetensi keahlian Produksi Film ini mempelajari ilmu-ilmu berbasis memproduksi konten hiburan film untuk bioskop, televisi,layanan streaming OOT (Over The Top) seperti Netflix, Iflix, primevideo hingga media sosial seperti youtube. Di Kompetensi Keahlian Produksi Film, siswa diajarkan kemampuan non teknis seperti manajemen produksi, penyutradaraan, penulisan naskah film, hingga pemasaran film.

Selain itu, siswa juga diajarkan kemampuan-kemampuan teknis seperti mengoperasikan kamera, menata pencahayaan,  menata audio, penata artistik, editing film,  hingga animasi dan visual effect.

Kemampuan-kemampuan teknis maupun non teknis tersebut tentu saja untuk menunjang produksi film hingga terlahir siswa-siswa yang profesional dalam bidang perfilman,.

Setiap tahun Program Kompetensi Keahlian Produksi Film SMKN 3 Kota Bengkulu selalu mencetak lulusan-lulusan yang berkompeten dan berdaya saing di bidang produksi film Hal tersebut dibuktikan dengan tersedianya fasilitas-fasilitas praktik yang lengkap untuk menunjang pembelajaran. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

  1. Ruangan studio greenscreen yang menunjang produksi film virtual production
  2. Alat-alat produksi film yang berstandar industri profesional
  3. Ruangan editing film standar industri
  4. Ruangan audio yang nyaman

Selain itu, Kompetensi Keahlian Produksi Film juga memiliki jaringan kerjasama dengan Dunia Industri dalam program Praktik Kerja Lapangan mulai dari Noah, Lunar Indonesia, Rafflesia Motion dan lain sebagainya.

Mulai tahun 2023 ini, para siswa Kompetensi Keahlian Produksi Film melaksanakan Praktik Kerja Lapangan selama 6 Bulan. Durasi praktik kerja lapangan tersebut tentu akan semakin mengasah para siswa dalam mempelajari produksi film lebih mendalam bersama para industri.

Menariknya, Kompetensi Keahlian Produksi Film sudah menggunakan kurikulum merdeka: Kurikulum yang sudah disinkronkan secara link and match dengan dunia usaha dan dunia industri. Selain itu, proses pembelajaran softskill dan hardskill menjadi prioritas sehingga lulusan Kompetensi Keahlian Produksi Film SMKN 3 Kota Bengkulu diterima dengan baik pada dunia industri Kompetensi Keahlian Produksi Film baik industri lokal maupun nasional.

PENUTUP

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu sekarang juga. PPDB SMKN 3 Kota Bengkulu sudah dibuka sejak tanggal 22 Juni 2023 hingga 3 Juli 2023. Buruan! Kuota terbatas!