Kabid SMK Disdikbud Provinsi Bengkulu Tinjau Pelaksanaan Asesmen

Penulis: Ahmad Joni | Editor: Ahmad Joni

kabid SMK Disdikbud tinjau proses asesmen - sejativi
Kabid SMK meninjau pelaksanaan Asesmen

sejativi.com - Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Rainer Atu, SE., MM, melaksanakan kunjungan ke SMK Negeri 3 Kota Bengkulu pada Selasa, 4 April 2023.

Kunjungan tersebut dalam rangka memonitoring pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Sekolah(ASAS6) yang dilaksanakan mulai tanggal 3 April hingga 11 April 2023.

Dalam kunjungannya, terlihat Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Rainer Atu, SE., MM, masuk ke dalam kelas untuk melihat proses Asesmen yang sedang berlangsung. Para siswa terlihat sumringah saat dikunjungi oleh Kabid SMK tersebut.

Selain memonitoring kegiatan asesmen yang tengah berlangsung, beliau juga memonitoring penggunaan media pembelajaran dalam kaitannya dengan proses belajar dan asesmen.

Beliau didampingi oleh Waka Humas SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, Dra. Rini Melfira, M.TPd, waka Sarana Prasarana, M. Makmun Azhari, M.PdI, Waka Kurikulum Dodi Aidil Candra, S.Pd, Tim Teknis Asesmen Ferly Kristian, S.Pd dan Proktor Asesmen Fajri Andri Putra, S.Pd. 

Terlihat rombongan masuk ke ruang Laboratorium Komputer SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Terlihat layar canggih, atau yang sering kita sebut smartboard sedang dipakai asesmen. Dibantu oleh tim panitia asesmen, Kabid SMK terlihat sedang memantau pelaksanaan asesmen dari layar smartboard. Layar smartboard tersebut menunjukkan sistem secara realtime siswa-siswa yang login, yang sedang mengerjakan soal dan siswa yang sudah mengerjakan asesmen.

"Alhamdulillah pak, setelah kami dapat bantuan smartboard kemarin, langsung kami manfaatkan untuk media pembelajaran. Beberapa minggu lalu dipakai jurusan BC Film untuk pemutaran dan bedah film UKK, sekarang kami pakai untuk memantau proses asesmen secara realtime." Ucap M. Makmun Azhari, M.Pd.I selaku Waka Sarana Prasarana SMK Negeri 3 Kota Bengkulu.

"Alhamdulillah, syukurlah kalau bisa bermanfaat" ucap Pak Rainer Atu, SE., MM. Beliau berharap, media-media pembelajaran seperti ini hendaknya bisa dimanfaatkan secara optimal dalam proses pembelajaran, terutama di zaman yang serba canggih dan serba digital seperti saat ini. Pemanfaatan media pembelajaran juga termasuk saat proses asesmen berlangsung.

Dengan smartboard yang terpasang di laboratorium komputer, panitia asesmen terlihat bisa memantau saat proses asesmen berlangsung secara realtime, sehingga saat terjadi kendala, panitia asesmen bisa langsung sigap dalam menangani masalah tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar