Kegiatan Hari Jumat di SMKN 3 Kota Bengkulu Apa Aja Sih?

sejativi.com - Dalam dunia pendidikan, dikenal 3 aspek pembelajaran, baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Aspek-aspek tersebut antara lain aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Aspek kognitif, berkaitan dengan kerja kerja otak ketika berpikir. Dalam aspek kognitif ini meliputi pengetahuan, praktik, analisa, sintesis, dan evaluasi.

Aspek afektif, berkaitan dengan proses pembelajaran yang meliputi bagaimana individu bersikap dan bertindak dalam lingkup sosialnya. Aspek afektif ini meliputi emosi individu, perasaan, dan kestabilan emosi darinya.

Aspek psikomotorik, berkaitan dengan keterampilan individu dalam hal tertentu. Biasanya, keterampilan ini juga berkaitan dengan bagaimana minat seorang individu.

Nah, untuk mencapai ketiga aspek pembelajaran tersebut, selain proses Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM, diperlukan kegiatan-kegiatan tambahan yang bersifat sosial, jasmani dan spiritual sehingga terciptanya keseimbangan dari ketiga aspek tersebut. Adapun kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah Tafakkur, Jalan Santai dan Kebersihan Lingkungan Sekolah yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Dilansir dari situs SMKN 3 Kota Bengkulu, Di SMKN 3 Kota Bengkulu, hari Jumat merupakan hari yang cukup istimewa. Mengapa demikian? karena di hari Jumat tersebut, seluruh keluarga besar SMKN 3 Kota Bengkulu bersama-sama mengikuti kegiatan Tafakkur, Jalan santai dan Kebersihan Lingkungan Sekolah

Kegiatan tafakkur merupakan kegiatan kerohanian yang dilaksanakan setiap hari jumat. Dalam kegiatan ini, seluruh keluarga besar SMKN 3 Kota Bengkulu baik bersama-sama mendengarkan siraman rohani dari Ustadz. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi siraman rohani agar menjadi pedoman kita dalam bersikap maupun berkata.

Selain itu, ada juga kegiatan jalan santai. Dalam kegiatan tersebut, seluruh keluarga besar SMKN 3 Kota Bengkulu melaksanakan kegiatan jalan santai. Kegiatan tersebut dilaksanakan agar tubuh kita sehat dan senantiasa menjaga silaturahmi.

Selain tafakkur dan jalan santai, ada juga kegiatan kebersihan lingkungan sekolah. Dalam kegiatan tersebut, seluruh keluarga besar SMKN 3 Kota Bengkulu bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah. Hal tersebut dilaksanakan semata-mata untuk menumbuhkan kecintaan kita kepada lingkungan sekolah. Jika lingkungan tempat kita belajar bersih, maka proses pembelajaran pun akan terasa nyaman dan tenteram.

Dalam pelaksanaannya, ketiga kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari jumat secara bergantian. Contoh, jika hari Jumat di Minggu pertama februari melaksanakan kegiatan tafakkur, maka Jumat di Minggu kedua akan melaksanakan kegiatan jalan santai dan Jumat di Minggu ketiga akan melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah. 

Pelaksanaan kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan mulai pukul 07.15 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan seluruh keluarga besar SMKN 3 Kota Bengkulu mampu meningkatkan kesehatan jasmani & rohani, mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kecintaan kita terhadap lingkungan di SMKN 3 Kota Bengkulu.

Posting Komentar

0 Komentar