Broadcasting dan Perfilman SMKN 3 Kota Bengkulu Dirikan Sejativi Radio

siaran-percobaan-sejativi-radio-sejativi
Siaran Sejativi Radio - sejativi.com

Ditulis oleh: Ahmad Joni

Sejativi.com - Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran di bidang broadcasting dan perfilman dan membuat wadah sebagai media apresiasi dan proses kreatif para siswa di bidang penyiaran, program keahlian Broadcasting dan Perfilman SMKN 3 Kota Bengkulu mendirikan radio streaming yang diberi nama Sejativi Radio.

Rahmayu Attri Murni, M.Pd, selaku Ketua Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman mengatakan bahwa radio ini merupakan inovasi baru yang sudah direncanakan sebelumnya. "Alhamdulillah sekarang kami sudah memiliki radio streaming. Sebenarnya program pembuatan radio streaming sudah lama direncanakan, tapi baru bisa diwujudkan minggu-minggu ini." Ujarnya.

Didirikannya radio streaming yang diberi nama SEJATIVI RADIO tersebut bukan tanpa alasan. Berkembangnya dunia digital, terutama di bidang audio turut menjadi alasan tersendiri dalam terbentuknya SEJATIVI RADIO tersebut. 

Meskipun sekarang saat ini telah banyak media audio visual seperti televisi dan internet, namun nyatanya media audio segmentasi tersendiri sekaligus memiliki perkembangan yang tak kalah pesatnya. Hal tersebut bisa terlihat dari perkembangan podcast yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut turut menginspirasi guru-guru Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMKN 3 Kota Bengkulu untuk mendirikan radio streaming Sejativi Radio. "Saat ini musik dan podcast memang sedang berkembang pesat. Sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi yang menyediakan konten audio. Nah dari sana kami memiliki tekad untuk membuat radio streaming ini. Mudah-mudahkan bisa memberi manfaat bagi pendengar" Ujar Rahmayu Attri Murni, M.Pd.

Selain itu, alasan didirikannya Sejativi Radio adalah untuk menunjang proses pembelajaran siswa. "Kami melihat banyak siswa-siswi kami yang memiliki potensi besar di bidang penyiaran, contohnya jadi host atau pembawa acara. Nah kadang kan siswa jarang berlatih, padahal dari potensinya udah terlihat. Nah kadang kesempatan mereka untuk mengasah potensi itu hanya dari tugas aja, sementara untuk mengasah potensi di bidang penyiaran butuh latihan sesering mungkin. Untuk itulah Sejativi Radio didirikan. Mudah-mudahan Sejativi Radio ini bisa jadi wadah yang bagus untuk para siswa yang ingin belajar di bidang audio, terutama jadi host" Ujarnya.

Rahmayu Attri Murni, M.Pd melanjutkan, didirikannya Sejativi Radio ini bukan hanya untuk siswa yang ingin memiliki potensi sebagai host saja. Beberapa alasan lain juga turut membidani lahirnya Sejativi Radio. "Di broadcasting (penyiaran televisi) dan perfilman kan kita belajar audio visual. Nah, Artinya audio dan visual sama-sama penting. Maka dari itu ini bisa jadi media yang bagus untuk siswa yang ingin belajar di bidang audio. Misal belajar mengedit audio, atau membuat drama audio kan bisa juga itu. Atau bisa juga nanti mempelajari teknis-teknis dalam audio" Ujarnya.

Saat ditanya, apakah Sejativi Radio sudah memiliki program-program khusus, Rahmayu Attri Murni, M.Pd hanya tersenyum. "Kemarin kita udah buat siaran percobaan. Nah insyaallah dalam beberapa hari ke depan kita akan launching Sejativi Radio secara resmi. Kami sekarang sedang menyiapkan jingle, tagline dan identitas-identitas untuk radionya. Insyaallah kalau udah ready, kami akan running secara continue." Ujarnya.

Perlu diketahui bahwa Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMKN 3 Kota Bengkulu merupakan salah satu program keahlian yang bergerak di bidang seni. Program keahlian tersebut memiliki 2 kompetensi keahlian, yaitu Produksi dan Siaran Program Televisi serta Produksi Film.

"Jangan pernah bermimpi. Ayo bergerak dengan berbagai inovasi" merupakan kalimat yang pernah dilontarkan oleh Ahmad Joni, salah satu guru program keahlian Broadcasting dan Perfilman SMKN 3 Kota Bengkulu.

Hal terbukti dengan beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh program keahlian broadcasting dan perfilman tersebut. Beberapa diantaranya diadakannya Apresiasi Karya Pelajar, Festival Karya Pelajar, Tugas Akhir, Televisi Streaming Sejativi, dan yang terbaru adalah Sejativi Radio. 

Inovasi-inovasi dalam pembelajaran tersebut semata-mata dilakukan untuk menunjang proses pembelajaran agar lebih interaktif, kreatif dan inovatif sehingga mampu mengasah kreatifitas siswa di bidang broadcasting / penyiaran dan perfilman. Adapun untuk mengakses siaran sejativi radio tersebut, anda bisa mengunjungi sejativi.com 

Posting Komentar

0 Komentar